Dec 25, 2010

Karier Leonardo di sepakbola

Leonardo Nascimento de Araújo (lahir di Niterói, Brazil, 5 September 1969; umur 41 tahun) atau yang dikenal dengan Leonardo adalah mantan pesepakbola asal Brazil yang menjadi pelatih AC Milan Mei 2009-Mei 2010 menggantikan Carlo Ancelotti. Dia bermain di Piala Dunia 1994 dan Piala Dunia 1998.

Karier bermainnya dimulai di klub junior Flamengo dan berlanjut hingga tiga musim setelahnya. Lalu ia mulai berpindah klub mulai dari São Paulo, Valencia CF, Kashima Antlers, P S G, dan akhirnya menuju Milan.

Leonardo bermain pada posisi gelandang serang, dan bek kiri (namun hanya beberapa saat). Ia ikut bagian pada Piala Dunia 1994 namun pada babak enam belas besar ketika melawan amerika serikat ia dikeluarkan dari pertandingan karena melakukan pelanggaran sehingga ia tidak boleh bermain sampai babak final. Ia juga membantu timnas Brazil meraih posisi runner-up pada Piala Dunia 1998.

Akhir Mei 2009, selepas Ancelotti pergi untuk melatih Chelsea di Inggris, secara resmi manajemen I Diavollo Rosso mengumumkan Leonardo sebagai allenatore baru AC Milan. Pemilik AC Milan, Silvio Berlusconi ingin mengikuti jejak FC Barcelona yang meraih sukses dengan menggunakan jasa pelatih muda, yaitu Josep Guardiola. Leonardo mengundurkan diri dari jabatan pelatih AC Milan pada 15 Mei 2010. Peran besarnya terhadap Milan adalah membujuk dua orang pemain asal Brazil agar pindah ke Milan, Kaká (sudah pindah ke Real Madrid) dan Alexandre Pato.

Leo ditunjuk menjadi pelatih Inter pada 24 Desember 2010 menggantikan Rafael Benítez. Akankah ia membawa Kaka dari Madrid ???
Sumber : id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment